Jenewa
Setelah lama dibicarakan, penerus
Enzo akhirnya diperlihatkan Ferrari. Mobil itu diberi nama LaFerrari yang
menggunakan dua jantung alias hybrid.
Perkiraan kuat, mobil ini akan segera
menjadi rebutan para pencinta Ferrari di seluruh dunia. Bukan hanya karena
statusnya sebagai penerus Ferrari Enzo yang melegenda, tapi juga karena mobil
ini dibuat dalam jumlah terbatas, 499 unit saja.
"Kami memilih untuk menyebut
model ini LaFerrari," kata Presiden Ferrari, Luca di Montezemolo yang
memperkenalkan supercar anyar ini di Geneva Motor Show.
Sebelumnya kode nama yang banyak
beredar di media Eropa soal mobil ini adalah Ferrari F150.
"Karena, itu adalah ekspresi
maksimal dari apa yang mendefinisikan perusahaan kami, keunggulan. Keunggulan
dalam hal inovasi teknologi, kinerja, gaya visioner dan sensasi
mengemudi," tambahnya.
"Ditujukan untuk para kolektor
kami, ini adalah mobil yang benar-benar luar biasa yang meliputi solusi canggih
yang di masa depan akan menemukan jalan mereka ke seluruh jangkauan, dan itu
merupakan patokan bagi industri otomotif secara keseluruhan," lugasnya.
di Montezemolo juga menjelaskan kalau
LaFerrari adalah hasil dari pengalaman insinyur mereka di ajang Formula 1.
Untuk jantungnya, LaFerrari adalah
mobil pertama dalam sejarah Ferrari yang menerapkan sistem HY-KERS. Mesin V12
dengan kapasitas 6.262 cc akan menjadi jantungnya bersama motor listrik yang
pada akhirnya mampu mempersembahkan tenaga gabungan hingga 963 CV.
Dengan tenaga itu, maka mobil ini
mampu memperlihatkan akselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari 3
detik saja.
Ketika dites di sirkuit Fiorano,
mobil ini mampu mencatatkan waktu lap 1 menit 20 detik, atau 5 detik lebih
cepat dari Enzo dan 3 detik lebih cepat dari, F12berlinetta yang merupakan
mobil tercepat Ferrari sebelumnya.
Dengan begitu, LaFerrari pun
mendaulat diri sebagai mobil jalanan tercepat dalam sejarah panjang pabrikan
yang bermarkas di Maranello itu.
dok Geneva Motor Show
Spesifikasi
LaFerrari
A. HY-KERS system
·
Daya
maksimum: 963 CV
·
Torsi
maksimum >900 Nm
·
V12
maximum power: 800 CV @9.000 rpm
·
Maximum
revs: 9.250 rpm
·
V12
maximum torque: 700 Nm @6750 rpm
·
Electric
motor output: 120 Kw (163 CV)
·
Emisi
CO2 330 g/km
B. Performance
·
Kecepatan
maksimum: melebihi 350 km/jam
·
0-100
km/jam: <3 detik
·
0-200
km/jam: <7 detik
·
0-300
km/jam: 15 detik
C.
ICE
·
Tipe: 65-deg. V12
·
Bore
and stroke: 94 x 752 mm
·
Total
displacement: 6262 cc
·
Compression
ratio: 13.5:1
·
Specific
power: 128 CV/l
D. Dimensions
·
Length:
4702 mm
·
Width:
1992 mm
·
Height:
1116 mm
·
Wheelbase:
2650 mm
·
Weight
distribution: 41% fr, 59% r
E. Gearbox
·
7-speed
DCT
F. Suspension
·
Front:
double wishbones
·
Rear: multi-link
·
Ban
(Pirelli P-Zero)
·
Depan:
265/30 - 19
·
Belakang:
345/30 - 20
G. Carbon ceramic brakes (Brembo)
·
Front: 398 x 223 x 36 mm
·
Rear: 380 x 253 x 34 mm
H. Electronic controls
·
ESC
·
High
perf ABS/EBD
·
EF1-Trac:
F1 electronic traction control integrated with the hybrid system
·
E-Diff
3: third generation electronic differential
·
SCM-E
Frs: magnetorheological damping with twin solenoids (Al-Ni tube)
·
Aerodynamics: active
Sumber : Detik Otomotif
No comments:
Post a Comment