Thursday 27 February 2014

PERHITUNGAN PENIKAHAN MENURUT WETON JAWA DAN NOGO DINO


Di dalam pernikahan khususnya adat jawa pasti kita dan semua orang pasti sudah pernah mendengar adanya perhitungan weton dan juga nogo dino (dalam bahasa Indonesia naga hari). Perhitungan weton digunakan untuk menetapkan tanggal yang bagus bagi kedua calon pengantin beserta keluarganya dan nogo dino digunakan untuk menghindari rejeki dimakan sang naga. Mungkin kedengarannya lucu bagi kita tetapi bagi orang jawa khususnya dari keluarga besar saya sendiri sangatlah diperhitungkan dan memang digunakan hingga sekarang karena itu adalah cara turun temurun dari nenek moyang walaupun di dalam ajaran agama islam sendiri bukan sebagai acuan baku. Mari kita baca dan kenal bersama-sama tentang perhitungan hari dan weton dimana acuannya sebagai berikut :

Tabel 1. Hari & Weton

Hari / Weton
PON ( 7 )
WAGE ( 4 )
KLIWON (8 )
LEGI ( 5 )
PAHING ( 9 )
SENIN ( 4 )
11
8
12
9
13
SELASA ( 3 )
10
7
11
8
12
RABU ( 7 )
14
11
15
12
16
KAMIS ( 8 )
15
12
16
13
17
JUM`AT ( 6 )
13
10
14
11
15
SABTU ( 9 )
16
13
17
14
18
MINGGU ( 5 )
12
9
13
10
14

Tabel 2. Jumlah Weton & Artinya

No
SIRKULASI
KETERANGAN
1
SANDANG
BAGUS
2
PANGAN
BAGUS
3
PAPAN ( JOYO )
BAGUS & DISARANKAN
4
LORO
SERING SAKIT
5
PATI
ADA YANG MENINGGAL
*) Total Penjumlahan di bagi 5 dan nilai tidak boleh NOL ( 0 )
Tabel 3. Penentuan Bulan Jawa
Bulan Jawa
Keterangan
Rujukan
Suro
Bertengkar dan menemui kerusakan
Jangan dipakai
Sapar
Kekurangan, banyak hutang
Boleh dipakai
Maulud
Lemah, mati salah seorang
Jangan dipakai
Bakdamaulud
Diomongkan jelek
Boleh dipakai
Bakdajumadilawal
Sering kehilangan, banyak musuh
Boleh dipakai
Jumadilakhir
Kaya akan mas dan perak
Dianjurkan
Rejeb
Banyak kawan, selamat
Dianjurkan
Ruwah
Selamat
Dianjurkan
Puasa
Banyak bencananya
Jangan dipakai
Syawal
Sedikit rejekinya, banyak hutang
Boleh dipakai
Dulkaidah
Kekurangan sakit-sakitan, bertengkar
Jangan dipakai
Besar
Senang dan selamat
Dianjurkan

Tabel 4. Penentuan Jam Akad Nikah

Pasaran/jam
06.00
08.24
10.48
13.21
15.36
Pon
Selamat
Pangkalan
Pacak wesi
Nasehat
Rejeki
Wage
Pangkalan
Pacak wesi
Rejeki
Nasehat
Selamat
Kliwon
Pacak wesi
Nasehat
Rejeki
Selamat
Pangkalan
Legi
Nasehat
Rejeki
Selamat
Pangkalan
Pacak wesi
Pahing
Rejeki
Selamat
Pangkalan
Pacak wesi
Nasehat

Pada Tabel 1 diatas adalah acuan jumlah hari kelahiran berdasarkan weton, contoh jika saya lahir di hari Minggu Pahing  maka jumlah saya adalah 14 atau Minggu + Pahing = 5 + 9 = 14.

Untuk menggunakan Tabel 2 maka perlu ditentukan dahulu :

1.        Hari dan weton calon mempelai pria
2.      Hari dan weton calon mempelai wanita
3.      Hari dan weton tanggal akad yang akan dirujuk

Contoh kasus:

1.       Ahmad mempunyai weton kamis legi  dan Maisaroh wetonnya jumat pahing mereka akan melakukan akad nikah di sabtu pon.

jawabannya

kamis legi                 = 13
jumat pahing          = 15
                               ----------- +
                                        28
sabtu pon            =  16
                               ----------- +
                                    =  42

maka hasil dari      = 42 / 5   Sisanya 2

Dalam hal ini sisa angka pembagi tersebut = 2 (gunakan tabel 2) akad nikah boleh dilakukan karena 2 sama dengan pangan. 

Kombinasi dengan Tabel 3 dan Tabel 4
Andaikata bahwa sabtu pon terletak di bulan rejeb maka sebaiknya akad dilakukan pada jam 06.00/13.21/15.26.

catatan:

Apabila angka penjumlahan tersebut habis di bagi 5 atau hasilnya sama dengan nol (0), disarankan mencari/mengganti hari akad pernikahan yang cocok.





Tabel 5. Arah Naga Dino


Tabel 5. digunakan di saat si mempelai pria mau berjalan kearah rumah calon istri untuk melangsungkan akad nikah dimana si mempelai pria jangan/menghindari kearah mulut sang naga karena rejeki nya akan dimakan oleh sang naga.


Contoh :
Ahmad dan maisaroh akan melakukan akad di hari jumat maka ahmad akan berjalan ke rumah maisaroh kearah barat .

Catatan 
Jika memang arah yang dituju menghadap sang naga alangkah baiknya cari alternative jalan yang lain atau putarilah membelakangi sang naga 

Tidak ada salahnya jika kita memahami perhitungan diatas akan tetapi kita juga tidak lupa kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai sang pencipta yang sudah menciptakan dunia ini beserta isinya dan juga makhluk hidup seperti manusia di muka bumi ini.

68 comments:

  1. terima kasih saya haturkan kepada bpk Hayat Imam Subekti yang telah berkenan berbagi pengetahuan perhitungan neptu dan weton guna nguri-uri budaya jawa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sami-sami Bpk Harszona sudah berkenan hadir dan membaca blog saya ini, semoga ilmu ini bisa lebih bermamfaat untuk semuanya dan tentu semua kembali kepada Allah SWT karena hanya DIa-lah tempat kita berlindung dan bermunajat atas doa-doa kita.

      saran dan kritik jika ada blog ini yang masih kurang jika ada yg kurang baik.

      Delete
    2. assalamuallaikum.
      nyuwun izin copy ngih.
      sakderenge matur suwun

      Delete
    3. Hayumi Blog: Perhitungan Penikahan Menurut Weton Jawa Dan Nogo Dino >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Hayumi Blog: Perhitungan Penikahan Menurut Weton Jawa Dan Nogo Dino >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Hayumi Blog: Perhitungan Penikahan Menurut Weton Jawa Dan Nogo Dino >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK eo

      Delete
  2. siang pak hayat
    saya mau tanya
    saya lahir 29 juli 1985 weton senin paing
    calon istri 15 oktober 1985 weton selasa kliwon
    saya mau nikah tnggl 3 apil 2015 weton jumat paing
    menurut bapak waktu yang baik buat ijab jam berpa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang juga,

      Pertama-tama saya ucapkan banyak terima kasih sudah berkunjung di blog saya.

      menurut saya untuk jam sesuai hari pasaran saja, dan di jeng lutfi adalah Jum`at pahing ( PAHING ) maka jatuh di jam 06.00, 08.24, & 15.36

      tapi saya hanya menyarankan bahwa semua itu kita harus ingat kembali atas kekuasaan Allah SWT yang memiliki semua alam semesta ini.

      QS Al-Araf :188

      قُلْ لا أَمْلِكُ لِنَفْسِي نَفْعاً وَلا ضَرّاً إِلَّا مَا شَاءَ اللَّهُ وَلَوْ كُنْتُ أَعْلَمُ الْغَيْبَ لَاسْتَكْثَرْتُ مِنَ الْخَيْرِ وَمَا مَسَّنِيَ السُّوءُ إِنْ أَنَا إِلَّا نَذِيرٌ وَبَشِيرٌ لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ
      Artinya: Katakanlah: "Aku tidak berkuasa menarik kemanfaatan bagi diriku dan tidak (pula) menolak kemudharatan kecuali yang dikehendaki Allah. Dan sekiranya aku mengetahui yang ghaib, tentulah aku membuat kebajikan sebanyak-banyaknya dan aku tidak akan ditimpa kemudharatan. Aku tidak lain hanyalah pemberi peringatan, dan pembawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman".

      kritik dan saran di blog ini jika ada yang kurang baik.
      Admin.

      Delete
    2. tidak lupa saya ucapkan selamat menanti kehidupan baru untuk jeng lutfi semoga kelak setelah pernikahan menjadi keluarga yang sakinah, mawadah dan warohmah yang akan selalu menjunjung nilai-nilai agama diatas segala-galanya.

      Amin ... amin ... ya robal`alamin

      Delete
  3. kata orang tua saya,saya lahir hari selasa pahing tahun 1977 bulan ruwah,tanggal berapa saya dilairkan.....tlg dibantu mencarikan.....trim.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya allah jika tidak salah, bulan ruwah atau bulan sya`ban di tahun 1977 awal masuk ruwah bulan juli tanggal 18 dan hari selasa pahing bulan ruwah jatuh tanggal 26 Juli 1977 dengan wuku sungsang atau tanggal 9 Ruwah/sya`ban 1397 H

      semoga membantu pak dewa suwito, terima kasih sudah berkunjung di blog saya pak dewa suwito

      Delete
    2. Selamat malam Bapak Hayat.
      Mohon ijin bertanya tentang rencana pernikahan anak saya.
      Anak saya lahir pada Sabtu Pahing, dan calon pasangannya lahir pada Kamis Wage.
      Merencanakan ijab qabul besok pada Hari Rabu Legi, Bulan Besar ( 14 Agustus 2019 waktu antara pukul 08.00 - 09.00 wib) kami mohon petunjuk. Atas kesediaan untuk memberikan petunjuknya, kami haturkan bantak terima kasih

      Delete
  4. semua sudah di takdirkan allah ,namun tampaknya mereka ingin menolaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul pak Ali imron,

      ketika manusia didalam kandungan semua garis kehidupan manusia sudah ditakdirkan untuk kedepannya. terkadang di dalam kehidupan manusia khususnya di setiap wilayah/daerah/suku terdapat tata cara atau aturan yang sudah ada sebelumnya.

      tapi kembali lagi bahwa aturan yang harus kita ikuti cuma aturan yang sudah ada di agama islam ( al-qur`an dan hadist )

      semoga ini bukan menjadi acuan manusia dan hanya sebagai bacaan semata, dan semoga semua manusia kembali ke ajaran agama islam dan semoga kita kelak bisa menjadi umat golongan nabi muhammad saw, amiin

      terima kasih pak ali imron telah berkunjung dan berkomentar di blog saya, jika ada saran dan kritik silahkan komentar di blog saya.

      Delete
  5. Assalamualaikum pak Hayat
    Saya mau tanya
    Insyaallah besok bulan syawal tahun dpn mau nikah
    Weton saya Kamis Pon dan calon suami saya Senin Wage
    Kebetulan hari akad nikah saya yg sudah direncanakan hari senin wage
    Apa boleh kalau hari akad nikah sama dg weton calon suami?

    ReplyDelete
  6. aslm.. mau tanYa pk.
    neptu sya sabtu kliwon.
    istri sya minggu wage.
    kog sering brantem trus ya. Apa penyebabnya.

    ReplyDelete
  7. aslm.. mau tanYa pk.
    neptu sya sabtu kliwon.
    istri sya minggu wage.
    kog sering brantem trus ya. Apa penyebabnya.

    ReplyDelete
  8. aslm.. mau tnya pak.
    neptu sya sabtu kliwon.
    istri sya minggu wage kog. Sering brantem ya. Apa pnyebabnya

    ReplyDelete
  9. Mohon posting nogo dino lan pasaran menawi saget pak,matursuwun...

    ReplyDelete
  10. Maaf pak,mohon diposting tabel nogo dino lan pasaran biar lebih menambah wawasan,karena pada umumnya yang ditanyakan seloso wage nogo nya dimana gt.Matursuwun sugeng dalu...

    ReplyDelete
  11. Asalamualaikum pak,,saya lahir thl 14 november 1990 , sedang suami saya 13 juni 1992,, rencana nikah setelah idul adha bln september,tp kami brdua kbingungan mncari tanggalnya,,mohon bantuannya untuk mencarikan tgl dan hari prnikahan dan waktu ijab yg bagus untuk kami brdua pak ,, matur smbah nuwun

    ReplyDelete
  12. pak saya mau tanya..saya kamis pahing istri jumat kliwon akad ijab rabu 8 2015 kalo ga salah rabu pahing..saya mau tanya tentang rejeki sandang pangan papan triim

    ReplyDelete
  13. Asslm...wr.wb..
    yth bpk Hayat Imam Subekti..
    perkenalkan sy Yoga...ingin bertanya..apakah jam akad nikah tsb sudah pakemnya
    dalam arti bila minggu pon insya allah jam 6 mendapay selamat..dan jam 8.24 pangkalan..apakah boleh sy akad jam 7...krn masih sebelum jam 8.24
    mohon bantuan jwbnnya bpk
    terimaksih atas perhatian dan informasinya
    wass. Wr.wb

    ReplyDelete
  14. Assalaamualaikum...
    Saya mau tanya, saya akan melangsungkan akad nikah pada hari Jumat kliwon kira2 pada jam 16:00
    Menurut tabel di atas masalah waktu ini gmn Pak?
    Dan saya ingin tahu apa arti dari "Pangkalan" dan "Pacak wesi"?
    Terimakasih sebelumnya Pak.

    ReplyDelete
  15. Replies
    1. terima kasih pak pandu, semua kembali ke pribadi masing-2 pak pandu

      dan jangan lupa kepada sang pencipta yang sesungguhnya menciptakan kita dan seisi dunia fana ini.

      Delete
  16. Assalamualaikum..
    saya akan melangsungkan pernikahan di bulan besar tahun 2017 kira-kira baiknya di langsungkan pada tanggal berapa ya,
    mempelai pria lahir pada tanggal 20 juli 1994 dan saya sendiri lahir pada tanggal 01 mei 1995
    mohon bantuannya,
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  17. klu untuk memulai membangun rumah pada hari mggu pon, menurut primbon baik ga,? makasih

    ReplyDelete
  18. @mayleni
    bisa dipertimbangkan rabu pon atau kamis pahing bulan besar 2017

    ReplyDelete
  19. Pak saya jumat legi.yg cocokbl usaha apa ya..?

    ReplyDelete
  20. Maaf pak. Saya mau tanya saya lahir weton Minggu wage cocok untuk usaha apa ?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  21. Malam pak, saya mau tanya tentang perjlanan naga, itu di lihatnya dari arah suami datang ke istri di hari yg akan di lakukan pernikahan, tapi saya lihat di situ mulut naganya arahnya sama semua kecuali yg di utara, bisa minta tolong penjelasannya, terima kasih

    ReplyDelete
  22. Selamat malam pak hayat.saya ingin melaksanakan pernikahan.calon mempelai laki2 saya kelahiran sama hari dan wetonnyab seperti saya yaitu Sabtu pon.bagaimana untuk perhitungannya dan bisa dicarikan hari bulan tgl yg baik.terimakasih

    ReplyDelete
  23. Mlm pak...saya mw tnya...saya kan lahiran 1991 jumat wage n calon suami saya lahiran 1995 rabu pahing...insyaallah mau nikah thn 2019 besok bln september tgl 18(rabu legi)...akad mau pukul 08:24 tpi nanggung...klo genapin jam 09:00,ga masalah bkn...n perhitungannya gmna ya pak udh cocok blm

    ReplyDelete
  24. Assalamualaikum pak,saya mau bertanya,.. pengertian dari pacak wesi itu bagaimana ya pak... trimkasih.. wassalam

    ReplyDelete
  25. Assalamu’alaikum, selamat sore pak, saya mau menanyakan untuk perhitungan tanggal itu, weton wanit + weton pria + rencana hari pernikahan, itu kan hasilnya dibagi 5,, saya mau menanyakan kenapa 42/5 itu sama dengan 2?? Cara menghitungnya bagaimana ya pak? Saya agak kurang paham di itungan itu,,
    Terimakasih,,

    ReplyDelete
  26. Saya berencana menikah pada tanggal 02 febuari 2020 hari minggu tepat kalender jawa ( 7 pon) pada kalender islam ( 8 jumadil akhir)
    Saya lahir tanggal 29 desember 1995 (jum’at 6 pahing) sesangkan calon saya lahir 05 mei 1994 ( kamis 24 wage) apakah tanggal tersebut baik untuk melaksanakan pernikahan, dan jam berapa baiknya saya melakulan jam akad nikah, karena keluarga kami kirang paham cara menghitung tanggal pernikahan,

    ReplyDelete
  27. Saya ingin tau apa arti dari kata pacak wesi

    ReplyDelete
  28. Sampurasun Calon Pengantin Bandung!!

    Kini Balai Sartika Convention Hall, Buah Batu Bandung memiliki New Concept Design:

    FULL CARPET, FULL AC & CHANDELIER

    KELEBIHAN YANG DIDAPATKAN:
    1. Ballroom Full AC Central, 2 Standing AC depan pelaminan dan 6 standing AC di titik tertentu
    2. Gedung Full Carpet, Lampu Kristal
    3. Terdapat 4 Ruang Rias Full AC, Full Karpet dan kamar mandi
    4. Kursi 200 Buah & Sudah termasuk listrik 15.000 watt
    5. Service dari Wedding Organizer & Wedding Consultant HIS Balai Sartika
    6. Wedding Consultant Professional yang siap mendampingi Calon Pengantin
    7. Security, Free Parkir dan Akses Tol & Jalan Mudah
    8. Lucky Dip
    9. Paket Fleksibel dapat berubah sesuai kebutuhan Calon Pengantin
    10. Porsi Catering menyesuaikan kebutuhan Calon Pengantin

    Dapatkan juga spesial promo untuk booking bulan AGUSTUS 2019!!!
    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi :Zulfa (089611648377)

    ReplyDelete
  29. pak saya mau nanya . saya kelahiran 13 februari 1994 calon suami saya 31 desember 1983 . berencana menikah bulan oktober 2019 ini minta saran untukt gl , hari , serta jam ijabnya pak .. trimakasih

    ReplyDelete
  30. Sampurasun Calon Pengantin Bandung!!

    Kini Balai Sartika Convention Hall, Buah Batu Bandung memiliki New Concept Design:

    FULL CARPET, FULL AC & CHANDELIER
    KELEBIHAN YANG DIDAPATKAN:
    1. Ballroom Full AC Central, 2 Standing AC depan pelaminan dan 6 standing AC di titik tertentu
    2. Gedung Full Carpet, Lampu Kristal
    3. Terdapat 4 Ruang Rias Full AC, Full Karpet dan kamar mandi
    4. Kursi 200 Buah & Sudah termasuk listrik 15.000 watt
    5. Service dari Wedding Organizer & Wedding Consultant HIS Balai Sartika
    6. Wedding Consultant Professional yang siap mendampingi Calon Pengantin
    7. Security, Free Parkir dan Akses Tol & Jalan Mudah
    8. Lucky Dip
    9. Paket Fleksibel dapat berubah sesuai kebutuhan Calon Pengantin
    10. Porsi Catering menyesuaikan kebutuhan Calon Pengantin.
    Dapatkan juga spesial promo untuk booking bulan Agustus 2019!!!
    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi :Zulfa (089611648377)

    ReplyDelete
  31. Hi brides & grooms to be, lagi cari gedung utk acara pernikahan di Kota Bandung? Gedung HIS Balai Sartika Convention Hall bisa jadi pilihan kamu loh karena sekarang udh full carpet & lampu chandelier. Selain itu HIS Balai Sartika Convention Hall juga menyediakan paket pernikahan yang fleksibel dan pilihan vendornya ada banyak banget, bisa pilih sesuai keinginan kamu. Ohya, sekarang lagi ada promo menarik juga loh yaitu PILIH BONUS SESUKAMU atau CASHBACK! Untuk informasi lengkapnya, hubungin aja Tresna (+6281312214233).

    ReplyDelete
  32. Tolong bantuan nya pak
    1.calon sya lahir hari sabtu legi setelah ashar, itu weton nya msuk hari sabtu legi apa minggu pahing ya pak?

    2. Sya lahir dhari senin pon, untuk hari dan jam nya blum dtentukan
    Mohon bantuan nya ya pak,.
    Agar sya dan clon bsa tau n mjd pertimbangan untuk qt dan kluarga bsar qt nant

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya bantu jawab:
      Pertama, masih sabtu legi, karena lahir sebelum magrib
      Kedua, menurut perhitungan saya, sabtu legi dengan senin pon bisa dilanjutkan karena tibo jodo.

      Delete
  33. 28 + 16 = kok 42 ? gak 44 kah ? jadi sisa 4 itu loro. ga di anjurkan

    ReplyDelete
  34. Mohon bantuannya pak..
    Saya lahir di hari senin pahing dan suami minggu wage..kami sudah menikah 3 tahun lalu di hari minggu kliwon..
    Selama ini susah cari rejeki..apa mungkin ada pengaruhnya sama hari pernikahan kami?klo memang iya jalan keluarnya seperti apa..terimakasih..

    ReplyDelete
  35. makasih mas,, gua jua ada buat artikel serupa tentang hitungan arah main judi berdasarkan hari. apa benar bgtu?

    ReplyDelete
  36. Mau tanya pak... saya lahir minggu pahing dan calon saya jumat legi, apakah boleh? Dan apa arah rumah ngulon ngalor itu bermasalah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya bantu jawab, pertama, untuk Minggu pahing dengan jum'at legi itu menurut perhitungan saya boleh dilanjutkan karena tibo Pedaringan kebak, In syaa Allah pernikahan akan dimudahkan dalam mendapatkan rezeki.
      Untuk masalah Ngalor Ngulon, sebaiknya ditanyakan kepada Ahli Hitung weton di daerah anda, agar bisa disiasati.
      Sekian.

      Delete
  37. assalamualaikum bapak..

    Saya mau tanyak bapak..
    Saudara saya perempuan ( jum'at legi ) yg cwok nya ( rabu wage ) hari menikah nya jum'at wage ( 12 juni 2020 )

    Niku bagaimna..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya bantu jawab,
      Pertama Saran saya coba ditelusuri lagi, apakah lahirnya setelah magrib atau sebelum magrib, karena pergantian hari dalam kalender jawa itu pas magrib.
      Kedua, jika sudah yakin hari masing-masing adalah Rabu wage dengan Jum'at legi itu kurang baik, karena menurut hitungan saya itu tibo pati, sebaiknya tidak dilanjutkan.

      Delete
  38. Orang yg lahir nya rabu wage jam 10 malem itu apa termasuk rabu wage atau kamis kliwon nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamis kliwon, karena pergantian hari dalam jawa itu pas magrib.

      Delete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. HALO
    Saya ADAWIYAH YAHYA dari malaysia saya tinggal di kota temerloh pahang. Saya tidak pernah tahu itu benar-benar mungkin untuk mendapatkan pinjaman dari pinjaman online atau pemberi pinjaman. Saya sekarat dalam hutang dengan banyak tagihan untuk membayar ketiga anak saya dan skor kredit saya juga sangat rendah. Jadi, saya baru saja online untuk mengetahui lebih banyak tentang cara mendekati bank atau mengambil pinjaman hari bayaran dengan nilai kredit rendah. Kemudian saya menemukan banyak artikel dan artikel di berbagai situs tentang bagaimana KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY membantu orang, perusahaan dan organisasi dengan suku bunga pinjaman @ 2%. Dengan pengetahuan yang saya peroleh secara online, saya menghubungi PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com), saya menjelaskan diri saya. Saya mengajukan pinjaman $ 60.000 tetapi dia menyetujui $ 50.000 dan itu adalah $ 50.000 yang saya terima di rekening bank saya. Proses transaksi sangat mudah dan cepat. dan juga mengkonfirmasi Identitas saya dan untuk memastikan keamanan dana. Saya merekomendasikan perusahaan ini kepada semua orang. Jangan mati dalam utang sebelum Anda mencari bantuan. Tulis surat ke PERUSAHAAN LOAN KARINA ELENA ROLAND sekarang Email (karinarolandloancompany@gmail.com atau whatsapp +1 (585) 708-3478, untuk informasi lebih lanjut Anda juga dapat menghubungi saya melalui email adawiyahyahya63@gmail.com

    ReplyDelete
  41. HALO
    Saya ADAWIYAH YAHYA dari malaysia saya tinggal di kota temerloh pahang. Saya tidak pernah tahu itu benar-benar mungkin untuk mendapatkan pinjaman dari pinjaman online atau pemberi pinjaman. Saya sekarat dalam hutang dengan banyak tagihan untuk membayar ketiga anak saya dan skor kredit saya juga sangat rendah. Jadi, saya baru saja online untuk mengetahui lebih banyak tentang cara mendekati bank atau mengambil pinjaman hari bayaran dengan nilai kredit rendah. Kemudian saya menemukan banyak artikel dan artikel di berbagai situs tentang bagaimana KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY membantu orang, perusahaan dan organisasi dengan suku bunga pinjaman @ 2%. Dengan pengetahuan yang saya peroleh secara online, saya menghubungi PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com), saya menjelaskan diri saya. Saya mengajukan pinjaman $ 60.000 tetapi dia menyetujui $ 50.000 dan itu adalah $ 50.000 yang saya terima di rekening bank saya. Proses transaksi sangat mudah dan cepat. dan juga mengkonfirmasi Identitas saya dan untuk memastikan keamanan dana. Saya merekomendasikan perusahaan ini kepada semua orang. Jangan mati dalam utang sebelum Anda mencari bantuan. Tulis surat ke PERUSAHAAN LOAN KARINA ELENA ROLAND sekarang Email (karinarolandloancompany@gmail.com atau whatsapp +1 (585) 708-3478, untuk informasi lebih lanjut Anda juga dapat menghubungi saya melalui email adawiyahyahya63@gmail.com

    ReplyDelete
  42. Selamat malam bapak... Mohon izin.. Sy ingin bertanya kalau wetonnya kamis legi dan sabtu pon kira kira menikahnya penanggalan yg pas kapan nggih...?

    ReplyDelete
  43. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    ReplyDelete
  44. Apakah Anda sedang mencari pinjaman untuk memulai bisnis atau proyek yang Anda inginkan? Di KARINA ROLAND LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan kepada semua individu yang membutuhkan pinjaman seperti "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman pinjaman rumah dan perusahaan pinjaman di seluruh dunia, tingkat bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan nasihat keuangan dan bantuan kepada klien dan pelamar kami. Jika Anda memiliki proyek yang bagus atau ingin memulai bisnis dan membutuhkan pinjaman untuk membiayainya segera, kami dapat membicarakannya, menandatangani kontrak dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda sehubungan dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    Hubungi KARINA ROLAND LOAN COMPANY hari ini untuk mata uang apa pun yang Anda inginkan.

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hibrida.
    Kepemilikan tunggal
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.
    pinjaman pribadi.
    pinjaman investasi.
    Pinjaman Hutang.
    Pinjaman Rumah.
    Pinjaman hipotek
    Auto laons.
    Pinjaman mahasiswa.
    Pinjaman gaji.
    Pinjaman Islam.
    Pinjaman pertanian.
    Pinjaman gereja.

    PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA
    Email: karinarolandloancompany @ gmail com
    WhatsApp hanya +1 (585) 708-3478.
    Nama Facebook: Elena karina Roland
    instagram: karina roland

    ReplyDelete
  45. Selamat siang mau tanya, saya SELASA LEGI dan calon saya KAMIS LEGI..mau menikah di 2021, pilihan tanggalnya di SENIN KLIWON, 08 Februari 2021..apakah tanggal ini kira2 sudah cocok untuk kami brdua kah? ada 1 lagi sebetulnya ini di KAMIS PAHING 21 Januari 2021. dan baiknya akad dilaksanakan jam berapa ya? Mohon pencerahannya .Trims

    ReplyDelete
  46. Assalamualaikum pak... Saya mau tanya.
    Weton Saya Selasa Legi (12), Calon suami saya (13). Rencana mau menikah di tanggal 18 Mei ( Selasa Wage) bulan syawal. Rumah saya sebelah timur, sedangkan rumah calon saya di barat. Apakah tanggal penentuannya sudah baik atau belum ya pak? Terus solusinya untuk menghindari nogo dino, saya akad di rumah saya atau di rumah calon saya? Kasih solusi ya pak... Terima kasih🙏🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum pak... Saya mau tanya.
      Weton Saya Rabu Legi (12), Calon suami saya Sabtu Wage(13). Rencana mau menikah di tanggal 18 Mei ( Selasa Wage) bulan syawal. Rumah saya sebelah timur, sedangkan rumah calon saya di barat. Apakah tanggal penentuannya sudah baik atau belum ya pak? Terus solusinya untuk menghindari nogo dino, saya akad di rumah saya atau di rumah calon saya? Kasih solusi ya pak... Terima kasih🙏🏻

      Delete
  47. Assalamualaikum mohon maaf pk mohon peneranganny sya mau melakukan pernikahan pada bulan November 2021.
    Weton saya Senin Kliwon 10 Januari 2000 dan calon mempelai wanita Senin Kliwon 07 Agustus 2000..
    Saya ingin tahu pada tgl berpa pk di bulan November dan jam brpa untuk menolak bala pk..

    Mohon maaf sebesar-besarnya saya selebihnya pk.

    Wasallamualaikum

    ReplyDelete
  48. semua berkat mrs karina roland
    Nama saya annisa logan, saya dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman di internet bahwa mereka harus sangat hati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya sangat membutuhkan pinjaman, untuk memperbaiki salon rias rambut saya, tetapi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, yang hampir membebani hidup saya, sampai seorang teman merujuk saya ke salah satu pemberi pinjaman bernama IBU KARINA, pemilik PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND, yang saya hubungi dan dia mengatakan kepada saya bahwa jika saya dapat memenuhi syarat dan ketentuan mereka bahwa pinjaman saya akan diberikan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam yang saya lakukan, setelah itu saya mengajukan pinjaman sebesar 450 juta rupiah setelah rincian saya diverifikasi dalam waktu kurang dari 24 jam rekening bank saya dikreditkan. sekarang saya sangat senang atas jerih payah IBU KARINA dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya tentang IBU KARINA, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi IBU KARINA melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com, atau whatsapp saja +1 (585) -708-3478 Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: annisalogan@gmail.com untuk pekerjaan baiknya dalam hidup saya dan keluarga saya.

    ReplyDelete
  49. TESTIFIER : Ibu Ria Maulidina
    NEGARA: Indonesia
    KOTA : Semarang
    NO WHATSAPP SAYA: +62 821-3272-6590
    HIBAH PINJAMAN: Rp500.000.000
    BANK BCA
    No REKENING: 1750825253
    EMAIL: maulidinaria@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN: PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND
    EMAIL: karinarolandloancompany@gmail.com
    WHATSAPP NO: +15857083478
    NAMA FACEBOOK: karina elena roland

    Nama saya MRS RIA MAULIDINA, saya berada dalam kekacauan keuangan, saya tidak punya pilihan selain mencari agen pinjaman online terkemuka yang menyewakan pinjaman kepada yang membutuhkan tetapi yang saya dapatkan hanyalah sekelompok scammer karena saya percaya pemberi pinjaman kedua yang saya komunikasikan dengan karena keputusasaan saya untuk mendapatkan uang ASAP dan itu membuat saya mengirim kepadanya satu-satunya uang yang saya miliki di bumi dan di surga, mereka terus meminta lebih banyak dan ini membuat saya marah karena saya harus menutup email itu karena saya menyadari sial dan saya tidak repot-repot online untuk mendapatkan bantuan lagi, karena saya tidak percaya lagi. saya menjadi sangat tercerahkan karena kurangnya makanan yang baik dan 2 anak saya yang berusia 5 dan 8 tahun juga tidak tampan selama periode penguncian COVID19 ini tidak ada perawatan yang layak sebagai akibat dari keuangan, minggu lalu saya melihat seorang teman keluarga lama suami saya dan saya memberi tahu dia semua yang telah saya lalui dan dia mengatakan satu-satunya cara dia dapat membantu adalah mengarahkan saya ke agen pinjaman yang baik yang juga membantunya dan dia juga menjelaskan bagaimana dia secara finansial turun dan bagaimana dia didorong oleh pinjaman ini agen KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY (karinarolandloancompany@gmail.com) yang memberinya pinjaman dengan tarif terjangkau 2% dan dia selanjutnya meyakinkan saya bahwa mereka sah dan bukan scammers dan dia juga memberi tahu saya apa yang perlu dilakukan { PERUSAHAAN ADMINISTRATIF PROCEDURE} dan dia juga memberi saya alamat email yang bereputasi ini dan saya menghubungi mereka seperti yang diinstruksikan dan dengan rahmat TUHAN YANG MAHA ESA saya juga diberikan dana pinjaman saya sebesar Rp 500.000.000 dalam waktu 2 jam setelah aplikasi saya telah mencapai puncak tanpa stres atau masalah lem dan inilah mengapa saya datang ke sini untuk memberikan kesaksian saya dan memberi tahu orang-orang bahwa masih ada agen pinjaman online yang nyata dan bereputasi baik. hubungi mereka melalui (karinarolandloancompany@gmail.com) atau melalui +15857083478

    ReplyDelete
  50. Hayumi Blog: Perhitungan Penikahan Menurut Weton Jawa Dan Nogo Dino >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Hayumi Blog: Perhitungan Penikahan Menurut Weton Jawa Dan Nogo Dino >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Hayumi Blog: Perhitungan Penikahan Menurut Weton Jawa Dan Nogo Dino >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK o6

    ReplyDelete
  51. Terima kasih informasinya. Silahkan kunjungi Aplikasi Online Weton Jodoh Lengkap, untuk mencari weton jodoh menurut primbon jawa.

    ReplyDelete

Tukar Link

Free Search Engine Submission