Friday 6 December 2013

Menguak Nissan GT-R Nismo 2014

Otosia.com - Rekor terpecahkan dan impian menjadi kenyataan dengan debut Nissan GT-R Nismo. Model yang terinspirasi dari mobil balap ini menyajikan kedinamisan supercar 'factory tuned' dengan aerodinamika canggih yang revolusioner dan pengendalian super-presisi.

Nissan GT-R telah mengukuhkan dirinya sebagai salah satu supercar berperforma terbaik di dunia otomotif. Dan kini Nissan mencurahkan pengalaman balapnya selama beberapa dekade untuk Nismo, spesialis motorsport Nissan, dalam mengembangkan Nissan GT-R.


Nissan GT-R Nismo

Nissan GT-R Nismo menampilkan gaya eksklusif yang merangkul filosofi balap. Mobil ini memiliki beberapa teknologi yang terinspirasi dari motorsport untuk meningkatkan performa mobil melalui optimalisasi aerodinamika, suspensi dan mesin sehingga menciptakan tunggangan stabil, baik di jalan raya maupun trek.

Nissan GT-R Nismo akan tersedia di Jepang pada akhir Februari 2014. Sedangkan di Amerika dan Eropa pada akhir 2014.

CEO Nissan Carlos Ghosn mengaku bahwa inilah Nissan GT-R paling kencang yang pernah ada. “Dengan waktu lap 7:08.679, kami bisa mengklaim bahwa GT-R Nismo memecahkan rekor lap di Nurburgring Nordschliefe untuk mobil produksi massal. Inilah bukti pencapaian standar performa nomor satu di dunia,” ujar Ghosn.

Di balik kapnya, bersemayam mesin 3.8-liter V6 VR38DETT, yang merupakan hasil dari pengalaman Nismo dalam berpartisipasi di event balap terkemuka 24-hour Nurburgring. Tenaga mesin meningkat menjadi 600PS (441kw) dan torsi mencapai 481 lb ft (652 Nm).


Nissan GT-R Nismo

Turborcharger tekanan tinggi dan berkapasitas besar yang biasa digunakan untuk balapan GT3 menambah aliran udara sambil mengoptimalkan timing control pengapian individual untuk setiap silinder dan pompa bahan bakar yang diupgrade meningkatkan pembakaran.

Sedangkan per dan peredam Bilstein DampTronik custom pada suspensi depan dan belakang diseting khusus untuk menciptakan tingkat grip dan respon pengendalian progresif sampai batas. Tiga pilihan moda suspensi: Comfort, Normal dan R untuk penggunaan di sirkuit.

Ban eksklusif Nismo – dikembangkan oleh Dunlop – membantu menciptakan grip dan karakter pengendalian mengagumkan. Depan: 255/40 ZRF20; belakang 285/35 ZRF20.

Tautan yang dikembangkan khusus pada suspensi wishbone ganda depan meningkatkan titik tengah antara permukaan ban dan jalan untuk mengoptimalkan posisi roda saat menikung tajam dan meningkatkan stabilitas di trek lurus dan tikungan. Sebagai tambahan, baut besar dan kokoh digunakan untuk meningkatkan kekakuan dari area sambungan as roda.

Demi memaksimalkan kestabilan saat menikung dan berubah arah, Nissan GT-R Nismo memiliki anti-roll bar kopong belakang setebal 17,3mm yang menambah kekakuan sambil mengurangi bobot.

Peningkatan kekokohan body tercapai dengan menggunakan perekat sebagai tambahan dari teknik las untuk respon suspensi presisi saat mendapat beban ekstra berat.


Nissan GT-R Nismo

Desain eksterior

Sementara desain eksterior menggunakan teknik simulasi Computational Fluid Dynamic terbaru untuk menganalisa aliran udara, Nismo mengembangkan paket aero yang meningkatkan pengendalian, meminimalisir efek negatif dari drag, sekaligus memberikan tampilan garang dan gagah.

Kombinasi bumper depan, kap mesin dan spoiler karbon belakang meningkatkan downforce, menurunkan pusat gravitasi dan menghasilkan tambahan 100kg (pada 300km/j) bila dibandingkan dengan model Nissan GT-R 2014 terbaru.


eksterior

Karakteristik aerodinamika tunggangan ini diseting agar downforce menyebar secara rata dari depan sampai belakang pada semua kecepatan untuk meningkatkan karakteristik pengendalian progresif. Konfigurasi bumper depan yang lebih lebar dan desain bumper belakang yang memanjang serta meruncing mengurangi drag sampai dengan Cd 0,26, sama seperti Nissan GT-R 2014.

Model ini dibekali velg hitam 6-palang GT-R Nismo terinspirasi dari mobil balap Nissan GT-R yang ikut berkompetisi di balapan Super GTdi kelas GT500.


Interior

Kokpit Nissan GT-R Nismo membangkitkan percaya diri pembalap dengan kesempurnaan dan optimalisasi posisi mengemudi.

Jok Recaro ergonomis dengan rangka karbon (Eropa/Jepang) menyangga tubuh pengemudi dan penumpang depan sehingga terasa nyaman.

Jiwa Nismo mempengaruhi desain roda kemudi yang dibalut Alcantara®, dengan tiga palang, logo merah di tengah dan jahitan merah sehingga memberikan grip, feedback dan kenyamanan.


interior

Rangka indikator dashboard dihiasi lapisan seperti karbon, dan tachometer menampilkan desain merah. Kap indikator juga dilapisi Alcantara®.

Trim interior memiliki jahitan merah pada jok, konsol tengah, trim pintu dan lapisan setir.

Nissan GT-R Nismo tersedia dalam empat warna, yakni Brilliant White Pearl, Meteor Flake Pearl Black, Ultimate Metallic Silver dan Vibrant Red. Dan hanya untuk model GT-R Nismo, dan Dark Matte Grey mempertegas kegagahan eksterior.

Kabarnya PT Nissan Motor Indonesia juga bakal memboyongnya ke Tanah Air. (kpl/nzr/sdi)

Sumber : Otosia

No comments:

Post a Comment

Tukar Link

Free Search Engine Submission