Otosia.com - Rekor terpecahkan dan
impian menjadi kenyataan dengan debut Nissan GT-R Nismo. Model yang terinspirasi
dari mobil balap ini menyajikan kedinamisan supercar 'factory tuned' dengan
aerodinamika canggih yang revolusioner dan pengendalian super-presisi.
Nissan GT-R telah mengukuhkan dirinya
sebagai salah satu supercar berperforma terbaik di dunia otomotif. Dan kini
Nissan mencurahkan pengalaman balapnya selama beberapa dekade untuk Nismo,
spesialis motorsport Nissan, dalam mengembangkan Nissan GT-R.
Nissan GT-R Nismo
Nissan GT-R Nismo menampilkan gaya
eksklusif yang merangkul filosofi balap. Mobil ini memiliki beberapa teknologi
yang terinspirasi dari motorsport untuk meningkatkan performa mobil melalui
optimalisasi aerodinamika, suspensi dan mesin sehingga menciptakan tunggangan
stabil, baik di jalan raya maupun trek.
Nissan GT-R Nismo akan tersedia di Jepang
pada akhir Februari 2014. Sedangkan di Amerika dan Eropa pada akhir 2014.
CEO Nissan Carlos Ghosn mengaku bahwa
inilah Nissan GT-R paling kencang yang pernah ada. “Dengan waktu lap 7:08.679,
kami bisa mengklaim bahwa GT-R Nismo memecahkan rekor lap di Nurburgring
Nordschliefe untuk mobil produksi massal. Inilah bukti pencapaian standar
performa nomor satu di dunia,” ujar Ghosn.
Di balik kapnya, bersemayam mesin
3.8-liter V6 VR38DETT, yang merupakan hasil dari pengalaman Nismo dalam
berpartisipasi di event balap terkemuka 24-hour Nurburgring. Tenaga mesin
meningkat menjadi 600PS (441kw) dan torsi mencapai 481 lb ft (652 Nm).
Nissan GT-R Nismo
Turborcharger tekanan tinggi dan
berkapasitas besar yang biasa digunakan untuk balapan GT3 menambah aliran udara
sambil mengoptimalkan timing control pengapian individual untuk setiap silinder
dan pompa bahan bakar yang diupgrade meningkatkan pembakaran.
Sedangkan per dan peredam Bilstein
DampTronik custom pada suspensi depan dan belakang diseting khusus untuk menciptakan
tingkat grip dan respon pengendalian progresif sampai batas. Tiga pilihan moda
suspensi: Comfort, Normal dan R untuk penggunaan di sirkuit.
Ban eksklusif Nismo – dikembangkan
oleh Dunlop – membantu menciptakan grip dan karakter pengendalian mengagumkan.
Depan: 255/40 ZRF20; belakang 285/35 ZRF20.
Tautan yang dikembangkan khusus pada
suspensi wishbone ganda depan meningkatkan titik tengah antara permukaan ban
dan jalan untuk mengoptimalkan posisi roda saat menikung tajam dan meningkatkan
stabilitas di trek lurus dan tikungan. Sebagai tambahan, baut besar dan kokoh
digunakan untuk meningkatkan kekakuan dari area sambungan as roda.
Demi memaksimalkan kestabilan saat
menikung dan berubah arah, Nissan GT-R Nismo memiliki anti-roll bar kopong
belakang setebal 17,3mm yang menambah kekakuan sambil mengurangi bobot.
Peningkatan kekokohan body tercapai
dengan menggunakan perekat sebagai tambahan dari teknik las untuk respon
suspensi presisi saat mendapat beban ekstra berat.
Nissan GT-R Nismo
Desain eksterior
Sementara desain eksterior
menggunakan teknik simulasi Computational Fluid Dynamic terbaru untuk
menganalisa aliran udara, Nismo mengembangkan paket aero yang meningkatkan
pengendalian, meminimalisir efek negatif dari drag, sekaligus memberikan
tampilan garang dan gagah.
Kombinasi bumper depan, kap mesin dan
spoiler karbon belakang meningkatkan downforce, menurunkan pusat gravitasi dan
menghasilkan tambahan 100kg (pada 300km/j) bila dibandingkan dengan model
Nissan GT-R 2014 terbaru.
eksterior
Karakteristik aerodinamika tunggangan
ini diseting agar downforce menyebar secara rata dari depan sampai belakang
pada semua kecepatan untuk meningkatkan karakteristik pengendalian progresif.
Konfigurasi bumper depan yang lebih lebar dan desain bumper belakang yang
memanjang serta meruncing mengurangi drag sampai dengan Cd 0,26, sama seperti
Nissan GT-R 2014.
Model ini dibekali velg hitam 6-palang
GT-R Nismo terinspirasi dari mobil balap Nissan GT-R yang ikut berkompetisi di
balapan Super GTdi kelas GT500.
Interior
Kokpit Nissan GT-R Nismo
membangkitkan percaya diri pembalap dengan kesempurnaan dan optimalisasi posisi
mengemudi.
Jok Recaro ergonomis dengan rangka
karbon (Eropa/Jepang) menyangga tubuh pengemudi dan penumpang depan sehingga
terasa nyaman.
Jiwa Nismo mempengaruhi desain roda
kemudi yang dibalut Alcantara®, dengan tiga palang, logo merah di tengah dan
jahitan merah sehingga memberikan grip, feedback dan kenyamanan.
interior
Rangka indikator dashboard dihiasi
lapisan seperti karbon, dan tachometer menampilkan desain merah. Kap indikator
juga dilapisi Alcantara®.
Trim interior memiliki jahitan merah
pada jok, konsol tengah, trim pintu dan lapisan setir.
Nissan GT-R Nismo tersedia dalam
empat warna, yakni Brilliant White Pearl, Meteor Flake Pearl Black, Ultimate
Metallic Silver dan Vibrant Red. Dan hanya untuk model GT-R Nismo, dan Dark
Matte Grey mempertegas kegagahan eksterior.
Kabarnya PT Nissan Motor Indonesia
juga bakal memboyongnya ke Tanah Air. (kpl/nzr/sdi)
Sumber : Otosia
No comments:
Post a Comment