Saturday 29 March 2014

Lamborghini Huracan, Pengganti Gallardo


Huracan menarik perhatian di area pameran Geneva 2014 – bukan, itu bukan typo, ini adalah supercar cantik terbaru dari Lamborghini.

Pertama kali dirilis pada 2003, selama lebih dari satu dekade produk Lamborghini sebelumnya yaitu model Gallardo semakin tua. Jadi, mama mia, kami senang bahwa si Banteng Mengamuk akhirnya menampilkan penggantinya, dengan meluncurkan Huracan di Swiss.


Silakan klik gambar di atas untuk melihat lebih banyak informasi mengenai Lamborghini Huracan di Geneva Motor show 2014


Menurut Lamborghini, Huracan memiliki sasis “hibrid” terbaru, menggabungkan serat karbon dan elemen alumunium. Kombinasi itu membantu menjaga beratnya turun hingga hanya 1.422kg tanpa fluida, yang harusnya membuat performanya kuat.

Itu dikarenakan terdapat versi modifikasi atas mesin V10 5,2 liter dari pabrikan tersebut yang terpasang di belakang bagian pengemudi dan penumpang dengan mengirimkan tenaga ke keempat rodanya lewat gearbox dual-clutch tujuh percepatan yang sepenuhnya baru.


Mesin V10 dengan injeksi langsung tersebut saat ini menghasilkan daya 610hp pada putaran mesin 8.250 rpm dan tak diragukan lagi mengeluarkan suara yang enak didengar. Berkat traksi yang dihasilkan sistem four wheel drive (4WD) dan mode launch control di gearbox dual-clutch, Huracan akan melaju hingga 100kpj hanya dalam waktu 3,2 detik. Cuma 3,2 detik.

Kecepatan maksimal Huracan berada pada angka 325kpj, namun peningkatan pada mobil ini lebih dari Gallardo yang akan digantikan tak hanya berfokus pada performa. Efisiensi bahan bakarnya meningkat menjadi 8 km/l (naik dari 6,9km/l) sedangkan emisi CO2-nya turun menjadi 290gr/km dengan bantuan starter stop-start.


Selain kecanggihan mesin dan transmisinya, Huracan juga memiliki suspensi peredam “magneto-rheological” terbaru yang disesuaikan secara elektris dari Lamborghini.

Bersamaan dengan volume dari knalpotnya, peredamnya bisa diatur lewat pilihan mode Strada (street), Sport atau Corsa (balap) tergantung kondisi permukaan jalan dan tipe berkendara yang ingin Anda lakukan.


Dengan desain yang cerdas, Huracan banyak sekali mengambil pendekatan Lamborghini dalam gaya interiornya – bayangkan Aventandor dengan skala lebih kecil dan Anda menebaknya dengan tepat, termasuk layar instrumen TFT 12,3 inci terbaru yang mirip dengan yang dipasang di Audi TT.

Tombol starternya tersembunyi di balik sebuah penutup merah di konsol tengahnya, mirip tombol senjata rudal yang terdapat di sebuah pesawat tempur, sedangkan motif hexagon yang menjadi trademark terbaru Lamborghini bereplikasi dalam bentuk kemudi, panel dashboard, ventilasi udara, tongkat persneling – hampir di semua bagiannya. Dominasi sentuhan Alcantara menjadikan interior Huracan terasa istimewa.


Gallardo merupakan model Lamborghini terlaris yang pernah ada, mencapai 14.022 unit – pabrikan mobil sport asal Italia itu berharap Huracan bisa melanjutkan momentum itu.

Kami menyadari bahwa harga Huracan akan sangat lebih mahal dibanding Gallardo yang akan digantikannya. Lamborghini membenarkan bahwa mobil ini akan dibanderol €169.500 (sekitar Rp2,67 miliar) di Inggris, belum termasuk pajak. Ditambah pajak pertambahan nilai di Inggris maka harga mobil itu sekitar £167.443 (sekitar Rp3,17 miliar) – kira-kira £32.000 (sekitar Rp607 juta) lebih mahal dari Gallardo level awal.


Tidak ada yang lebih menarik di sebuah pameran otomotif internasional dari peluncuran produk supercar terbaru Lamborghini. Dalam Geneva 2014, hal itu tidak berbeda. Huracan sangat menarik perhatian dalam pameran di Swiss itu.

Kami pernah melihat beberapa kritikan atas tampilan mobil baru ini di online, namun saat melihat wujud aslinya di Geneva 2014 mobil itu sangat keren. Jauh dari penampilan seperti Gallardo yang semakin gendut, mobil ini terlihat menonjol dan garang sehingga menarik banyak perhatian.


Segala keraguan yang kami dapatkan mengenai kenaikan harganya hampir dipastikan akan menguap begitu saja saat kami merasakan daya 610hp dari mesin V10-nya yang meraung-raung dan gigi atasnya yang mantap dari gearbox dual-clutch terbarunya – lagi pula, mobil ini masih lebih murah ketimbang sebuah Ferrari 458 Italia.

Huracan masih terlihat seperti sebuah Lamborghini yang harusnya – unik, rendah, lebar dan sangar – dan saat ini dengan peningkatan mekanis, mobil itu harusnya bersaing dengan McLaren 12C dan tentu saja Ferrari.














Sumber : Plasa MSN

No comments:

Post a Comment

Tukar Link

Free Search Engine Submission