Huracan
menarik perhatian di area pameran Geneva 2014 – bukan, itu bukan typo, ini
adalah supercar cantik terbaru dari Lamborghini.
Pertama kali
dirilis pada 2003, selama lebih dari satu dekade produk Lamborghini sebelumnya
yaitu model Gallardo semakin tua. Jadi, mama mia, kami senang bahwa si Banteng
Mengamuk akhirnya menampilkan penggantinya, dengan meluncurkan Huracan di
Swiss.
Silakan klik
gambar di atas untuk melihat lebih banyak informasi mengenai Lamborghini
Huracan di Geneva Motor show 2014
Menurut
Lamborghini, Huracan memiliki sasis “hibrid” terbaru, menggabungkan serat
karbon dan elemen alumunium. Kombinasi itu membantu menjaga beratnya turun hingga
hanya 1.422kg tanpa fluida, yang harusnya membuat performanya kuat.
Itu
dikarenakan terdapat versi modifikasi atas mesin V10 5,2 liter dari pabrikan
tersebut yang terpasang di belakang bagian pengemudi dan penumpang dengan
mengirimkan tenaga ke keempat rodanya lewat gearbox dual-clutch tujuh
percepatan yang sepenuhnya baru.
Mesin V10
dengan injeksi langsung tersebut saat ini menghasilkan daya 610hp pada putaran
mesin 8.250 rpm dan tak diragukan lagi mengeluarkan suara yang enak didengar.
Berkat traksi yang dihasilkan sistem four wheel drive (4WD) dan mode launch
control di gearbox dual-clutch, Huracan akan melaju hingga 100kpj hanya dalam
waktu 3,2 detik. Cuma 3,2 detik.
Kecepatan
maksimal Huracan berada pada angka 325kpj, namun peningkatan pada mobil ini
lebih dari Gallardo yang akan digantikan tak hanya berfokus pada performa.
Efisiensi bahan bakarnya meningkat menjadi 8 km/l (naik dari 6,9km/l) sedangkan
emisi CO2-nya turun menjadi 290gr/km dengan bantuan starter stop-start.
Selain
kecanggihan mesin dan transmisinya, Huracan juga memiliki suspensi peredam
“magneto-rheological” terbaru yang disesuaikan secara elektris dari
Lamborghini.
Bersamaan
dengan volume dari knalpotnya, peredamnya bisa diatur lewat pilihan mode Strada
(street), Sport atau Corsa (balap) tergantung kondisi permukaan jalan dan tipe
berkendara yang ingin Anda lakukan.
Dengan desain
yang cerdas, Huracan banyak sekali mengambil pendekatan Lamborghini dalam gaya
interiornya – bayangkan Aventandor dengan skala lebih kecil dan Anda menebaknya
dengan tepat, termasuk layar instrumen TFT 12,3 inci terbaru yang mirip dengan
yang dipasang di Audi TT.
Tombol
starternya tersembunyi di balik sebuah penutup merah di konsol tengahnya, mirip
tombol senjata rudal yang terdapat di sebuah pesawat tempur, sedangkan motif
hexagon yang menjadi trademark terbaru Lamborghini bereplikasi dalam bentuk
kemudi, panel dashboard, ventilasi udara, tongkat persneling – hampir di semua
bagiannya. Dominasi sentuhan Alcantara menjadikan interior Huracan terasa
istimewa.
Gallardo
merupakan model Lamborghini terlaris yang pernah ada, mencapai 14.022 unit –
pabrikan mobil sport asal Italia itu berharap Huracan bisa melanjutkan momentum
itu.
Kami
menyadari bahwa harga Huracan akan sangat lebih mahal dibanding Gallardo yang
akan digantikannya. Lamborghini membenarkan bahwa mobil ini akan dibanderol
€169.500 (sekitar Rp2,67 miliar) di Inggris, belum termasuk pajak. Ditambah
pajak pertambahan nilai di Inggris maka harga mobil itu sekitar £167.443
(sekitar Rp3,17 miliar) – kira-kira £32.000 (sekitar Rp607 juta) lebih mahal
dari Gallardo level awal.
Tidak ada
yang lebih menarik di sebuah pameran otomotif internasional dari peluncuran
produk supercar terbaru Lamborghini. Dalam Geneva 2014, hal itu tidak berbeda.
Huracan sangat menarik perhatian dalam pameran di Swiss itu.
Kami pernah
melihat beberapa kritikan atas tampilan mobil baru ini di online, namun saat
melihat wujud aslinya di Geneva 2014 mobil itu sangat keren. Jauh dari
penampilan seperti Gallardo yang semakin gendut, mobil ini terlihat menonjol
dan garang sehingga menarik banyak perhatian.
Segala
keraguan yang kami dapatkan mengenai kenaikan harganya hampir dipastikan akan
menguap begitu saja saat kami merasakan daya 610hp dari mesin V10-nya yang
meraung-raung dan gigi atasnya yang mantap dari gearbox dual-clutch terbarunya
– lagi pula, mobil ini masih lebih murah ketimbang sebuah Ferrari 458 Italia.
Huracan masih
terlihat seperti sebuah Lamborghini yang harusnya – unik, rendah, lebar dan
sangar – dan saat ini dengan peningkatan mekanis, mobil itu harusnya bersaing
dengan McLaren 12C dan tentu saja Ferrari.
Sumber : Plasa MSN
No comments:
Post a Comment