Tuesday 12 November 2013

Wisata Flores Dan Cerita Legenda Pulau Komodo -



Cerita legenda masyarakat Pulau Komodo yang sampai hari ini terdengar di kalangan para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Komodo. Dan hampir rata-rata para wisatawan yang hadir di lokasi Pulau Komodo dalam melakukan perjalanan wisata di kawaan Flores Nusa Tenggara Timur, Inodneisa, mendapatkan cerita legenda ini dari pemandu wisata lokal daerah tersebut, yang berasal dari masayrakat setempat yang berprofesi sebagai pemandu wisata.

Kisah cerita legenda Pulau Komodo bersalal dari sebuah cerita yang mengisahkan beberapa waktu yang hidup di sebuah desa seorang pemuda yang menikahi seorang wanita bernama Putri Naga yang datang dari negeri seberang. Tidak lama kemudian setelah menikah sang putri hamil dan melahirkan bayi kembar.

Kelahiran bayi dari sang Putri Naga dalam kisah legenda Pulau komodo ini, kedua anaknya yang kembar tersebut memiliki bentuk yang berbeda. Yang satu anak bayinya berupa manusia, dan yang satunya lagi berupa seekor kadal. Karena malu, maka anak bayi sang Putri Naga yang menyerupai kadal di buang dan di asingkan ke sebuah Pulau.

Lanjut kisah cerita legenda Pulau Komodo.......
Dalam keterangan cerita legenda Pualu Komodo ini, hari demi hari berjalan hingga kedua anak kembar tersebut beranjak besar, sampai suatu hari salah satu anak tersebut melakukan perburuan, dan akan memanah salah satu hewan komodo, dan seketika itu pula sang ibu mencegahnya, "jangan kau bunuh dia nak, dia adalah saudara kembarmu", ujar sang ibu. Seketika itu pula sang anak kaget dan menjawab, "mana mungkin aku memiliki saudara kembar seekor komodo bunda ?"

Dalam penjelasan sang Putri Naga dalam kisah cerita legenda Pulau Komodo kepada salah satu anaknya yang bertanya tentang kemustahilan bahwa dirinya memiliki saudara kembar seekor Komodo, mala sang ibu pun menjelaskannya kepada anaknya, "Beberapa tahun yang lalu bunda melahirkan bayi kembar, anak tersebut adalah dirimu dan komodo tersebut. Cobalah kamu lihat di tangan komodo tersebut, ada tanda lahir yang sama denganmu". Dan benar saja di lengan mereka berdua ada tanda lahir yang sama. Dan ada akhirnya si anak pun mengurungkan niatnya untuk membunuh si komodo tersebut yang menjadi saudara kembarannya.

Dari kisah cerita legenda Pulau Komodo yang berasal dari tanah Flores NTT inilah, yang membuat salah satu daya tarik para wisatawan untuk mengunjungi Pulau Komodo tersebut. Walau pun kesimpulan dari cerita legenda tenatng Pulau Komodo ini hanya berupa mitos belaka. Dan memang di area Pulau Komodo kita juga akan dapat menikmati sajian pemandangan tepi pantai yang indah yang terkenal dengan nama Pantai Pink (merah jambu). Dimana pasir pantainya tersebut berwarna merah muda, dan airnya sangat jernih. Cobalah lihat di photo di bawah ini yang merupakan foto yang menghadp ke Pantai Pink di Pulau Kodomo. Indah bukan ?..........


Bagi teman-teman yang akan berkunjung ke Pulau Komodo dan melakukan perjalanan wisata Flores, anda dapat masuk dari daerah Labuan Bajo di mana lokasi tersebut terdapat bandar udara yang siap menampung kedatangan anda melalui udara. Andapun dapat dengan mudah mendapatkan informasi harga Tiket pesawat termurah. Dan untuk penginapan anda bisa melihat informasi hotel dan penginapan di lokasi Labuan Bajo.

Semoga cerita kisah legenda Pulau Komodo yang terkenal dan menjadi salah satu destinasi wisata yang merupakan cagar budaya dan alam yang di lindungi oleh badan dunia PBB ini, dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita untuk berkunjung di kawasan Wisata Flores Nusata Tenggara Timur Indonesia.


Salam wisata, 
http://ejawantahtour.blogspot.com/2013/11/wisata-flores-dan-cerita-legenda-pulau.html )

Sumber :
Dari kisah cerita masyarakat Pulau Komodo.
Foto milik Kang Haris Maulana.







No comments:

Post a Comment

Tukar Link

Free Search Engine Submission