Friday 29 November 2013

Hacker dan Cracker


Banyak sekali yg masih salah paham dengan sebutan hacker, istilah hack, ngehack dan di hack,, setiap elite hacker (31337) mempunyai definisi "hacking" masing2, karna bagi mereka hacking bukan hanya sekedar kata melainkan telah menjadi filosofi hidup mereka. Masalahnya, karna luasnya ilmu "hack" ini, setiap hacker pun banyak yg keluar dari "kode etik" yg seharusnya mereka taati, mengapa? Banyak alasan, seperti kuatnya rasa keingintahuan dan jiwa pemberontakan yg muncul, seperti "Semua Informasi HARUS didapatkan secara BEBAS dan GRATIS". 

Mereka yg melanggar/keluar dari kode etik akan dianggap musuh yg harus diberantas oleh para 31337, mereka pun menyebut orang2 ini sebagai CRACKER yg berbeda dengan mereka. Masalahnya, para CRACKER ini tak terima atas pengklaim-an merekalah yg jahat, karna menurut mereka yg mreka lakukan adalah benar. Coba deh nonton film: Hacker 2: Take Down.

Nah, dari pada pemahaman kita semakin salah saia ingin meluruskan tentang para pahlawan dan penjahat di dunia maya!!! (versi saya)

Hacker => Secara UMUM, karna maknanya yg sangat Luas, seluas ilmu itu sendiri,, sepengetahuan saia: "Mereka yg memasuki suatu sistem secara LEGAL dengan tujuan mencari kelemahan, memperbaikinya dan menjadikannya lebih baik dari sebelumnya". Jadi, sangat jelas disini mereka lah yang menyandang geLar/Level tertinggi dalam dunia IT. Mereka inilah yg berperan dalam penciptaan/penemuan hal" baru dalam IT, contoh profesi resmi mereka: pentester,security auditor,ethical hacker(CEH),dsb. Contoh seorang Hacker => Bill Gates, Linus Torvald

Cracker => pengertian awalnya itu mungkin adalah seseorang yg hanya memiliki skill programming untuk tujuan ILEGAL, seperti mengakali program/software berbayar, sehingga bisa digunakan tanpa membayar, contoh karya mereka ya yg kita pakek sehari" ini, windows bajakan, software bajakan, serial" key, program crack, dll.

Tapi karna sifatnya yg merusak ini, sekarang istilah CRACKER ini digunakan secara umum untuk menyebut => "Mereka yg masuk ke sistem secara ILEGAL dengan tujuan merusak, mengubah, mengapus, mencuri, dan tujuan buruk lainnya".

Jadi, sangat jelas disini perbedaanya dengan HACKER kan? Hacker sang pahlawan topi putih (WHITE HAT) dan Cracker lah sang penjahat topi hitamnya (BLACK HAT)

Nah, para Cracker ini terbagi" lagi sesuai perkembangan jaman dan mencul lah istilah" baru untuk menyebut mereka sesuai dengan keahlian mereka masing",, seperti: 
  1. Phreaker (Phone Freaker) => mereka yg mencari celah (bugs) dari sistem telekomunikasi, tentunya satu tujuan sebagai seorang CRACKER dong,, untuk kepentingan sendiri, contoh hasil karya mereka bisa internetan, sms bahkan nelpon gratis tanpa bayar atau kepotong pulsa! nah lo enak beud kan tuh!!!
  2. Carder (Pemain Kartu) => nih orang kerjaannya menyalahgunakan kartu, ntah itu kartu kredit orang lain untuk kepentingannya sendiri,, mereka hanya membutuhkan no.cc sang korban untuk meng-order barang2 "mahal" dari luar langsung di kirim kerumahnya, wew!
  3. Defacer => orang yg "hanya" bisa memanfaatkan suatu bugs yg ada pada suatu website untuk dimanfaatkannya sebagai ajang pamer lah, curhat lah,, ngasih selamat ulang tahun ke pacar, dll. Narsis bgt dagh ni cracker! contohnya ada halaman depan situs yg tiba" berubah menjadi foto alay dan ada kata" seperti: HaCkEd by y0gI CaEm - tHanKKs t0: Allah, pACar kooEh,, aNd All InDoNeSiAn UnDeRgRoUnd!!!
  4. Spammer/Flooder => orang yg mengirimkan pesan/paket data atau lainya berulang" atau dalam jumlah yg banyak/besar dengan tujuan untuk kepentingan sendiri! contoh serangan DDOS yg dikirimkan ke suatu server web untuk tujuan agar website tersebut down/tidak dapat di akses,, dll



No comments:

Post a Comment

Tukar Link

Free Search Engine Submission